Minggu, 03 Januari 2010

Biasanya ketika kita sedang kepanasan karena cuaca di sekitar yang cukup terik, kita sangat menginginkan minum dingin, misalnya es, untuk mendinginkan tubuh kita. Benarkah cara ini?
Dalam cuaca panas, justru secangkir kopi atau teh hangat akan membantu mendinginkan tubuh kita. Ketika kita minum teh atau kopi hangat, berarti kita memanaskan tubuh bagian dalam kita. Perlu diketahui, suhu tubuh kita dibedakan menjadi dua, yaitu suhu dalam tubuh (biasanya diukur di mulut) dan suhu luar tubuh (biasanya diukur di ketiak). Karena suhu bagian dalam tubuh kita dipanaskan, jantung yang memompa darah keseluruh tubuh juga mengalirkan panas tersebut ke permukaan kulit kita. Akibatnya, kulit kita lebih panas daripada lingkungan sekitar. Selanjutnya, secara konveksi panas dari kulit kita akan mengalir ke lingkungan di sekitar tubuh kita, dan efeknya adalah kita merasa lebih dingin.
Proses seperti ini juga berlangsung ketika kita sedang berendam di air panas. Karena kulit kita dipanaskan, maka darah akan membawa panas tersebut ke suhu bagian dalam sehingga suhu tubuh bagian dalam juga akan bertambah

0 komentar :

Posting Komentar