Senin, 05 April 2010

Tanggung jawab adalah perwujudan kesadaran manusia akan kewajiban dan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja.
Pada dasarnya setiap manusia memiliki sikap tanggung jawab terhadap sesuatu yang mereka anggap itu baik, penting atau pun segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan sekitar mereka. Sikap tersebut akan selalu ada dalam diri manusia karena pada umumnya manusia hidup tidak akan lepas dari kehidupan sekitar tersebut yaitu, hidup bermasyarakat dan hidup dalam lingkungan alam, yang menutut kepedulian serta tanggung jawab. Manusia tidak boleh berbuat semaunya terhadap manusia lain dan terhadap alam lingkungannya, karena semua yang ada di alam semesta ini sangat bergantung satu sama lain. Sehingga ini dapat menyebabkan frekuensi tanggung jawab masing-masing individu berbeda.
Sebagai contoh tanggung jawab di dalam keluarga, yaitu tanggung jawab yang dimiliki oleh orang tua dengan seorang anak tentu berbeda. Orang tua memiliki tanggung jawab dalam membesarkan anaknya, mendidik anaknya menjadi anak yang sholeh atau sholehah, memberikan pendidikan, dan lain-lain. Sedangkan seorang anak mempunyai tanggung jawab dalam menjaga amanah yang diberikan oleh orang tua, belajar yang rajin agar dapat menjadi orang yang sukses di kemudian hari, mengerjakan tugas dan kewajibannya sebagai seorang anak, dan sebagainya.
Tanggung jawab yang paling utama yaitu, tanggung jawab terhadap Tuhan pencipta alam semesta ini. Manusia diciptakan oleh Allah swt, agar dapat bertanggungjawab dengan apa yang telah diperintahkan oleh Allah swt, seperti yang telah tercantum di dalam kitab suci Al-Qur'an, yaitu menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

0 komentar :

Posting Komentar