Kamis, 31 Mei 2012


MEDIA JEJARING SOSIAL MENGAKIBATKAN
BERBAGAI DAMPAK SOSIAL

            Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, saat ini telah banyak berbagai macam media jejaring sosial yang dapat menghubungkan orang-orang di belahan dunia melalui media internet, seperti facebook, twitter, myspace, plurk, dan sebagainya. Perkembangan ini telah menjadi trend atau gaya hidup manusia modern karena mereka dapat berinteraksi dengan lebih mudah walaupun jaraknya cukup jauh.



        Situs jejaring sosial merupakan sebuah situs dimana pengguna bisa membuat halaman web pribadi sehingga memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi di dalam situs tersebut. Layanan tersebut menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya.

           Media jejaring sosial memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan orang-orang di belahan dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan media telepon. Penyebaran informasi melalui media jejaring sosial juga dapat berlangsung secara cepat, sehingga sering dimanfaatkan oleh pengguna untuk melakukan promosi bisnis bagi mereka yang membuka usaha secara online.

         Selain terdapat kelebihan dari situs tersebut, media jejaring sosial juga memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan yang dimaksud yaitu situs tersebut dapat menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis. 

          Penggunaan situs jejaring sosial yang berlebihan dapat membawa dampak yang negatif bagi pengguna, diantaranya: 

1.      Kecanduan yang berlebihan sehingga membuat penggunna tidak dapat untuk tidak mengakses internet     sehingga dapat membahayakan kesehatan 
2.      Pengguna menjadi kurang bersosialisasi dengan lingkungan karena terlalu banyak menghabiskan waktu di dunia maya. 
3.      Berkurangnya waktu belajar, karena dengan mengakses internet dan mebuka situs jejaring sosial akan membuat pengguna lupa waktu. 
4.      Tingkat kriminalitas yang meningkat, seperti kasus penculikan, penipuan, pornografi, dan lain-lain.


        Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengguna harus lebih cermat dan bijak dalam mengakses internet dan menggunakan situs jejaring sosial agar dampak negatif yang ditimbulkan oleh situs jejaring sosial dapat dihindari, sehingga kemajuan teknologi dan pemanfaatannya akan terasa lebih berguna serta aman bagi semua orang, khususnya bagi para pengguna.

Sumber :

0 komentar :

Posting Komentar