Senin, 22 November 2010

Dalam hidup bermasyarakat, sangat diperlukan adanya hubungan interaksi yang baik antara warga yang satu dengan yang lain agar terciptanya suatu hubungan yang harmonis. Selain itu, dalam bermasyarakat juga perlu diciptakannya suatu kerjasama yang baik agar di setiap kegiatan yang dilakukan dapat menjadi efektif dan efisien, yaitu dengan adanya suatu organisasi dalam bermasyarakat.

Organisasi itu sendiri ialah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Organisasi yang tercipta di dalam bermasyarakat itu sangat beraneka ragam, dari ruang lingkup yang besar (terdiri dari banyak orang yang mempunyai tujuan besar) sampai ke ruang lingkup yang kecil (hanya terdiri dari beberapa orang saja yang biasanya baru memiliki tujuan yang relatif masih sedikit) dan dari yang positif sampai negatif. Itu semua tergantung dari bagaimana kita mengimplementasikan organisasi tersebut.

Di dalam berorganisasi tentunya sangat diperlukan komunikasi yang baik agar organisasi tersebut dapat berjalan sesuai dengan tujuannya.

Banyak sekali manfaat yang dapat di ambil dalam berorganisasi, yaitu dengan adanya organisasi dalam masyarakat diharapkan mampu menyalurkan aspirasi dan kepentingan anggota masyarakat yang diwadahi oleh organisasi masyarakat tersebut. Di samping itu dengan adanya organisasi akan memudahkan masyarakat untuk menyalurkan suara daripada dilakukan sendiri-sendiri. Dengan adanya struktur organisasi dan pembagian tugas yang jelas ke masing-masing pengurus organisasi maka apabila ditemukan kesulitan dalam berorganisasi dapat diselesaikan bersama.

Selain itu, organisasi juga merupakan suatu wahana aktualisasi diri manusia/individu. Manusia hidup saling membutuhkan satu sama lain, dari hal tersebut timbul keinginan untuk membentuk suatu kelompok yang mempunyai suatu pandangan yang sama, baik pandangan berpolitik, berkesenian, atau pandangan hidup lainnya. Namun apabila di dalam organisasi tersebut ada salah satu individu yang tidak memiliki pandangan yang sama, maka individu tersebut akan keluar dari organisasi tersebut. Oleh karena itu, organisasi dapat dikatakan sebagai wahana aktualisasi diri.

0 komentar :

Posting Komentar